nasi tim ayam

Posted on

Hari ini aku masak nasi tim ayam. Alhamdulillah anak anak suka dan suami pun demikian. Pertama kali makan nasi tim ayam di daerah asemka gedung proyek belakang. Lantai 2. Biasa kalau makan di situ ramenyaaa ampun antri banget. Diaduk aduk pake telor mentah pas lagi panas panas. Langsung telornya mateng. Aku pribadi gak suka sih yang pake telor mentah. Jadi aku makan ya begitu saja. Aslinya di sana pake jamur kancing juga tapi berhubung di sini aku gak nemu jadi ya gak pake. Suamiku pertama kali makan nasi tim ayam ya buatanku ini. Selebihnya belum pernah. Soalnya suamiku kl makan di luar kurang variatif milih menunya. Kalau udah pecel ayam ya monoton itu tok. Atau kl udah nemu gado gado ya sampe saban hari juga itu tok yg disamperin. Beda sama aku yang doyan berkelana demi cicip makanan. Bukan apa, memperkaya selera lidah itu baik. Balik lg ke topik, nasi tim ayam di asemka itu juga masih jd primadona di lidahku. Walapun sudah sederet nasi tim di resto lain aku cobain. Di asemka walaupun kaki 5 tapi rasanya bintang 5 beneran. Selain ngelayanin antrian di tempat, dia juga melayani telpon pesan antar dari toko ke toko. Ya pelanggannya pemilik toko krn memang lokasinya dipertokoan kan. Aku suka nyeruputin kaldunya dan today aku bisa bikin itu sendiri. Deg degan juga sih gimana ya rasanya. Soalnya bayangannya rasanya ya kayak yang di asemka itu. Kl meleset dah ambyar impianku. Sukurnya sukseees . Kl pake ayam kampung ini pasti 1000x lipat lebih enak. Gini aja aku udah puas banget kok. Apa lagi kl ayam kampung.

Terakhir makan nasi tim ayam di asemka kayaknya aku masih SMA deh. Aku dr kecil memang langganan sih kl ke asemka belinya nasi tim, mie bangka, sop pak kumis, bakso gepeng samping sop pak kumis, atau beli soto tangkar yaa antara itu lah pasti salah satunya aku pilih. Salah satunya loh bukan semuanya . Terus makan es potong. Nyaris seminggu sekali ke asemka nganterin mamaku belanja isi toko. Nah sampe dewasa juga masih begitu dan jajan itu juga. Bedanya aku dah gak ke nasi tim ayam lagi soalnya jauh ke proyek kaaan. Sedang mamaku dah gak ada lagi keperluan beli barang di proyek. Jd ya makan di asemkanya aja gak ke proyek. Sekarang ya jajan di kaki 5 asemka sudah menjadi angan angan. Nanti kl pulang ke bekasi aku jalan ke sana mungkin. Btw kaki 5 di asemka tuh banyak yang enak enak memang, gak asal asalan masaknya. Harga kaki 5 nya memang agak mahal tapi rasanya berkelas jadi puwaaasss. Aku juga suka beli kue pancong deket masjid atau rujak tabur bubuk buah deket masjid . Bener bener hobi jajan ya

Ini basic resep aku pakai resep ci #jennynovembria dan aku modiv teknik masaknya sama nambahin kecap inggris dikit. Makasih ya ci dah berbagi ilmunya. Aku tulis sebagaimana aku masak tadi aja yaa… NASI TIM AYAM
by @andinskitchen
Note : jadi 5 porsi mangkok stainless kecil
Bahan :
405 gram beras *cuci
803 gram ayam
Secukupnya minyak ayam kalau gak ada minyak goreng biasa boleh
Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk, dan lada bubuk
2,3 liter air
3 butir telur rebus *kupas lalu belah dua
Bumbu cair :
3 sdm kecap manis
1/2 sdm kecap asin
1/2 sdm minyak wijen
1 sdm saos tiram
1/4 sdm kecap inggris
Bumbu cincang untuk ayam :
1 siung bawang bombay sedang atau bisa 10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm jahe
Bumbu nasi :
5 siung bawang putih
1/2 sdm minyak wijen
1/2 sdm kecap asin
Secukupnya garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk
Pelengkap :
Daun bawang iris
Daun seledri iris
Acar rawit
Langkah :
1. KUAH KALDU : didihkan air lalu masukkan ayam, rebus sampai keluar kaldunya. Sisihkan ayamnya (potong kecil kecil), pada air kaldu beri garam dan lada. Selesai.
2. AYAM TUMIS : panaskan minyak ayam, tumis bumbu cincang ayam sampai harum. Masukkan ayam yang sudah dipotong kecil, bumbu cair, kuah kaldu secukupnya. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Aduk rata sampai kuah kaldu meresap sat. Tes rasa. Selesai.
3. NASI : gunakan wajan bekas menumis ayam tidak perlu dicuci. Masukkan beras, 500 ml air kaldu (sesuaikan air kebiasaan memasak nasi), bumbu nasi, aduk rata lalu tes rasa. Aron nasi sampai air sat.
4. MENGUKUS : panaskan kukusan. Pada mangkok tahan panas, masukkan 1/2 telur rebus lalu timpa dengan ayam tumis, lalu timpa lagi dengan aronan nasi. Padatkan. Lakukan sampai habis. Kukus semua mangkok sampai matang. Selesai.
Sajikan dengan pelengkap, dan kuah kaldu yang ditaburi daun bawang.
#andinskitchen_ayam
#andinskitchen_nasi
Ini basic resep aku pakai resep ci @jennynovembria dan aku modiv teknik masaknya sama nambahin kecap inggris dikit. Makasih ya ci dah berbagi ilmunya. Aku tulis sebagaimana aku masak tadi aja yaa… NASI TIM AYAM
by @andinskitchen
Note : jadi 5 porsi mangkok stainless kecil
Bahan :
405 gram beras *cuci
803 gram ayam
Secukupnya minyak ayam kalau gak ada minyak goreng biasa boleh
Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk, dan lada bubuk
2,3 liter air
3 butir telur rebus *kupas lalu belah dua
Bumbu cair :
3 sdm kecap manis
1/2 sdm kecap asin
1/2 sdm minyak wijen
1 sdm saos tiram
1/4 sdm kecap inggris
Bumbu cincang untuk ayam :
1 siung bawang bombay sedang atau bisa 10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm jahe
Bumbu nasi :
5 siung bawang putih
1/2 sdm minyak wijen
1/2 sdm kecap asin
Secukupnya garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk
Pelengkap :
Daun bawang iris
Daun seledri iris
Acar rawit
Langkah :
1. KUAH KALDU : didihkan air lalu masukkan ayam, rebus sampai keluar kaldunya. Sisihkan ayamnya (potong kecil kecil), pada air kaldu beri garam dan lada. Selesai.
2. AYAM TUMIS : panaskan minyak ayam, tumis bumbu cincang ayam sampai harum. Masukkan ayam yang sudah dipotong kecil, bumbu cair, kuah kaldu secukupnya. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk, dan lada bubuk. Aduk rata sampai kuah kaldu meresap sat. Tes rasa. Selesai.
3. NASI : gunakan wajan bekas menumis ayam tidak perlu dicuci. Masukkan beras, 500 ml air kaldu (sesuaikan air kebiasaan memasak nasi), bumbu nasi, aduk rata lalu tes rasa. Aron nasi sampai air sat.
4. MENGUKUS : panaskan kukusan. Pada mangkok tahan panas, masukkan 1/2 telur rebus lalu timpa dengan ayam tumis, lalu timpa lagi dengan aronan nasi. Padatkan. Lakukan sampai habis. Kukus semua mangkok sampai matang. Selesai.
Sajikan dengan pelengkap, dan kuah kaldu yang ditaburi daun bawang.
#andinskitchen
Wulandari
Selain mempunyai minat dalam bidang yang berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan dia juga punya hobi berolahraga, khususnya jogging. Baginya tumbuhan dan kesehatan penting dan saling berhubungan satu sama lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *