nasi ayam hainan

Posted on

Hari ini aku masak nasi ayam hainam. Kemarin pas masak nasi tim ayam, suamiku nanya bagaimana cara makannya. Nah hari ini giliran mamaku nanya bagaimana cara makannya. Kemarin suamiku tanya karena belum pernah makan nasi tim ayam. Hari ini mamaku tanya karena belum pernah makan nasi ayam hainam. Di sini paling keliatan yaa. Memang aku yang paling sering makan macam macam. Aku pemakan segala,kecuali dedek, pelet, beling, paku, dan menyan ??.
Hari ini aku masak nasi ayam hainam. Kemarin pas masak nasi tim ayam, suamiku nanya bagaimana cara makannya. Nah hari ini giliran mamaku nanya bagaimana cara makannya. Kemarin suamiku tanya karena belum pernah makan nasi tim ayam. Hari ini mamaku tanya karena belum pernah makan nasi ayam hainam. Di sini paling keliatan yaa. Memang aku yang paling sering makan macam macam. Aku pemakan segala,kecuali dedek, pelet, beling, paku, dan menyan ??.

Ini tadi aku numis bumbunya pake minyak zaitun. Nyari nyari minyak rendah kolesterol di supermaket. Banyak ma ada minyak jagung, ada minyak beras bekatul, ada minyak zaitun. Pilih yang mana bebas. Atau mau selang seling bebas juga. Banyak pro kontra orang bicara minyak zaitun krg baik yang bener minyak beras bekatul. Ya aku sih nanggepinnya gini, suka suka orang aja mau make yang mana itu selera dan keyakinan masing masing gak boleh dipaksa. Mau make minyak tanah atau minyak angin pun sah sah aja kalo doyan sih. Buat mama yang mau beli minyak zaitun pastikan merknya bukan mustikaratu, wardah, sariayu, atau herboris. Tapi kalau mau coba merk merk tersebut silakan aja sih aku juga gak larang 
Ini tadi aku numis bumbunya pake minyak zaitun. Nyari nyari minyak rendah kolesterol di supermaket. Banyak ma ada minyak jagung, ada minyak beras bekatul, ada minyak zaitun. Pilih yang mana bebas. Atau mau selang seling bebas juga. Banyak pro kontra orang bicara minyak zaitun krg baik yang bener minyak beras bekatul. Ya aku sih nanggepinnya gini, suka suka orang aja mau make yang mana itu selera dan keyakinan masing masing gak boleh dipaksa. Mau make minyak tanah atau minyak angin pun sah sah aja kalo doyan sih. Buat mama yang mau beli minyak zaitun pastikan merknya bukan mustikaratu, wardah, sariayu, atau herboris. Tapi kalau mau coba merk merk tersebut silakan aja sih aku juga gak larang 

Pertama kali bikin nasi ayam hainam. Biasa makan di resto aja. Basic resep aku pakai punya cici #henimaria namun teknik masak aku modiv. Makasih ya ci sudah berbagi ilmunya.
NASI AYAM HAINAM
AYAM :
865 gr dada ayam (lumuri dengan garam sampai merata)
2300 ml air
BUMBU AYAM :
1 buah bawang bombay sedang atau 10 siung bawang merah *potong besar
5 siung bawang putih *geprek
4 cm jahe *geprek
1 batang daun bawang *utuh
1 batang daun seledri *utuh
Secukupnya garam
Secukupnya merica
Secukupnya penyedap *kalau mau
NASI :
4 cup takar beras
6 siung bawang putih *cincang
3 cm jahe *geprek
500 ml kuah kaldu (sesuaikan kebiasaan memasak nasi masing2)
Secukupnya minyak *menumis, garam, merica, dan penyedap *kalau mau
SAMBAL RAWIT :
8 buah cabai rawit merah *potong
3 sdm kecap asin
4 sdm kuah kaldu
PELENGKAP :
Daun bawang iris
Minyak wijen
LANGKAH :
1. KUAH KALDU : Didihkan air di panci presto terbuka. Masukkan bumbu ayam, masak sampai bumbu matang. Masukkan ayam, masak hingga matang sempurna, tes rasa. Tutup panci presto lalu masak selama 30 menit. Keluarkan uapnya, tes rasa. Saring kaldu ke wadah agar bersih dari bumbu, sisihkan. Ayam dibuang tulangnya, dipotong serong dagingnya lalu sisihkan pada wadah lain.
2. NASI : Tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan beras, merica ,garam, kuah kaldu, dan penyedap. Aduk rata lalu koreksi rasa. Aron sampai kaldu sat. Panaskan pengukus lalu kukus sampai matang.
3. SAMBAL RAWIT : Aduk jadi satu semua bahan.
4. CARA PENYAJIAN ALA AKU : Potongan ayam diaduk dengan minyak wijen secukupnya dan sambal rawit secukupnya. Lalu disajikan dengan nasi dan sisa kuah kaldu. Beri taburan daun bawang pada nasi dan kuah kaldu.
#andinskitchen_ayam
#andinakitchen_nasi
Pertama kali bikin nasi ayam hainam. Biasa makan di resto aja. Basic resep aku pakai punya cici @henimaria namun teknik masak aku modiv. Makasih ya ci sudah berbagi ilmunya.
NASI AYAM HAINAM
AYAM :
865 gr dada ayam (lumuri dengan garam sampai merata)
2300 ml air
BUMBU AYAM :
1 buah bawang bombay sedang atau 10 siung bawang merah *potong besar
5 siung bawang putih *geprek
4 cm jahe *geprek
1 batang daun bawang *utuh
1 batang daun seledri *utuh
Secukupnya garam
Secukupnya merica
Secukupnya penyedap *kalau mau
NASI :
4 cup takar beras
6 siung bawang putih *cincang
3 cm jahe *geprek
500 ml kuah kaldu (sesuaikan kebiasaan memasak nasi masing2)
Secukupnya minyak *menumis, garam, merica, dan penyedap *kalau mau
SAMBAL RAWIT :
8 buah cabai rawit merah *potong
3 sdm kecap asin
4 sdm kuah kaldu
PELENGKAP :
Daun bawang iris
Minyak wijen
LANGKAH :
1. KUAH KALDU : Didihkan air di panci presto terbuka. Masukkan bumbu ayam, masak sampai bumbu matang. Masukkan ayam, masak hingga matang sempurna, tes rasa. Tutup panci presto lalu masak selama 30 menit. Keluarkan uapnya, tes rasa. Saring kaldu ke wadah agar bersih dari bumbu, sisihkan. Ayam dibuang tulangnya, dipotong serong dagingnya lalu sisihkan pada wadah lain.
2. NASI : Tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan beras, merica ,garam, kuah kaldu, dan penyedap. Aduk rata lalu koreksi rasa. Aron sampai kaldu sat. Panaskan pengukus lalu kukus sampai matang.
3. SAMBAL RAWIT : Aduk jadi satu semua bahan.
4. CARA PENYAJIAN ALA AKU : Potongan ayam diaduk dengan minyak wijen secukupnya dan sambal rawit secukupnya. Lalu disajikan dengan nasi dan sisa kuah kaldu. Beri taburan daun bawang pada nasi dan kuah kaldu.
#andinskitchen
Wulandari
Selain mempunyai minat dalam bidang yang berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan dia juga punya hobi berolahraga, khususnya jogging. Baginya tumbuhan dan kesehatan penting dan saling berhubungan satu sama lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *